Jumat, 01 Januari 2016

FILOSOFI NAGA




Naga  dianggap sebagai makhluk mitologi paling terkenal di seluruh dunia. Masing – masing negara mempunyai legenda tersendiri tentang hewan keramat ini. Sedangkan,  negeri asal datangnya hewan ini yaitu di China. Secara unum, naga adalah makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk dan mempunyai cakar yang sangat tajam ini  dipercaya benar - benar ada di dunia.

Kebudayaan merupakan suatu hal atau pembelajaran yang telah diolah oleh sekelompok masyarakat tertentu pada suatu tempat. Di China adalah salah satu negara yang sangat kokoh mendefinisikan filosofi naga ke dalam kebudayaan mereka, sehingga bisa diartikan secara terpadu bahwa ilmu alam yang dikaitkan dengan hewan suci naga digunakan dalam kehidupan masyarakat China sebagai salah satu wujud perlindungan terhadap keselamatan para penduduknya. 


Bangsa Cina menceritakan bahwa naga pada umumnya memiliki badan seperti ular, muka mirip kuda, tanduk seperti rusa, kuku - kuku yang runcing, dan bersisik yang mampu terbang sangat cepat melampaui langit. Masyarakat Barat menceritakan bahwa naga menyerupai hewan – hewan purbakala yang memiliki sayap kuat untuk terbang. Di Thailand, terdapat ukiran naga seperti ular tetapi hewan ini memiliki tujuh kepala, sementara di Vietnam, masyarakatnya berimajinasi bahwa naga menggabungkan bentuk tubuh hewan buaya, ular, biawak dan burung.

Bahkan dalam Islam, makluk ini muncul menjelang akhir dunia dengan sebutan Ad Dabbah (hewan melata dari perut bumi).. wallahu alam. (lk/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar