Senin, 25 Januari 2016

AKIK ALAS OBONG






Alas kobong atau obong adalah bahasa jawa yang artinya : kebakaran hutan. Dampak alas kobong antara lain; penyebab terjadinya degradasi lahan yang dapat mempengaruhi kualitas tanah dan menurunkan kesuburan tanah. Bisa jadi, koleksi batu akik LOKAJAYA yang bernama :AKIK ALAS OBONG ini sebagai pengingat agar kita selalu menjaga kelestarian hutan … jangan sampai terbakar lagi.
NAMUN kejadian ini dapat terjadi karena disengaja maupun tidak disengaja. Tidak hanya faktor alam yang berpengaruh misalnya udara yang sangat panas disaat musim kemarau namun juga karena ulah manusia yang tidak sadar akan pentingnya hutan dalam kehidupan semua makluk hayati.

Penyebab kebakaran hutan diantaranya adalah:
  • Faktor alam misalnya karena suhu pada musim kemarau yang sangat panas, sambaran petir, atau karena aktivitas vulkanik dari gunung berapi (aliran lahar ataupun awan panas)
  • Kecerobohan manusia, contohnya adalah membuang puntung rokok sembarangan atau lupa untuk mematikan api ketika melakukan perkemahan.
  • Pembukaan lahan baru atau membersihkan lahan pertanian dengan membakarnya, dan tindakan vandalisme.
  • Ground fire/ kebakaran yang terjadi di dalam tanah, biasanya terhadu di daerah yang memiliki tanah gambut sehingga dapat menyulut terjadinya api terutama di musim kemarau dengan suhu yang panas. (LK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar