Jumat, 29 Januari 2016

AKIK PRING SILIR






AKIK PRING SILIR, begitulah kami namakan karena penampakannya mirip bambu dan ada sosok  wajah bercadar sekitar bambu tersebut. Dan ini memang batu asli daerah Gresik, sekitar gunung Surowiti.

Pring Silir adalah  bahasa jawa atau dalam bahasa Indonesianya adalah bambu yang rindang. Dalam legenda sang brandal LOKAJAYA , yang kala itu menjalani proses menuju sufi. Sampai pada saatnya beliau mendapat gelar Sunan Kalijaga ketika diuji menjaga tongkat gurunya ( Sunan Bonang ).  Konon, tongkat itu tumbuh menjadi serumpun bambu yang hingga kini disebut Pring Silir.

Bambu ini diyakini memiliki keistimewaan sehingga sampai sekarang masih dilestarikan dengan baik oleh warga Surowiti. Semula tempat penancapan tongkat itu ada di tepian sungai. Namun kini, sungai itu dengan sengaja di bendung sehingga menjadi telaga di sebut Kali Buntung hingga sekarang. (lk)





AKIK PUSAKA LOKAJAYA




Akik berpamor Pusaka ini juga asli bebatuan asal gunung Surowiti, Gresik (petilasan LOKAJAYA). Ada dua buah (sepasang) koleksi LOKAJAYA. Ada yang bermotif keris (kuning kunyit) yang tatkala di senter jadi kemerahan. Dan yang satu lagi bermotif tombak (bening kilaunya yang menawan).

Selain unik dan indah, akik ini dipercaya membawa kewibawaan sang pemakai serta sarana kanuragan atas ijin ALLAH , wallahu alam. (lk)







AKIK PERKASA




Bebatuan ini juga di temukan di kawasan gunung Surowiti, Gresik. Penampakannya yang menyerupai binaragawan ini , benar-benar istimewa dari segi keunikannya. Mengingatkan kita sosok pahlawan di film FANTASTIC 4. (lk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar