Rabu, 13 Januari 2016

Perumpamaan Pohon







Pohon diciptakan Allah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jenis tumbuhan ini sebagai penghasil oksigen yang bermanfat bagi makluk hidup bumi.  Sedangkan akar, batang, dan dan buah sebuah pohon bisa juga dimanfaatkan oleh manusia, baik itu sebagai ramuan obat, dan sebagainya.

Dibalik semua manafaat yang ada pada sebuah pohon ternyata sebuah pohon memiliki banyak filosofi tentang kehidupan. Semakin tinggi sebuah pohon tumbuh semakin kencang pula angin yang akan meniupnya.
 Ibarat masalah yang menimpa hidup kita. Semakin beriman, cobaan yang kita hadapi akan semakin berat. Namun Allah tak akan memberikan cobaan pada hambanya melebihi kemampuannya. Umpama pohon sekuat apa akarnya, menancap dibumi.

Allah berfirman :
“ Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya.
Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.  Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun.
 Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki. ”
 (Qs. Ibrahim: 24-27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar