Sabtu, 30 Januari 2016

AKIK LOKAJAYA




Subhanallah... Mahasuci ALLAH, telah mengkaruniakan kepada kami banyak benda - benda yang didalamnya mengandung nilai-nilai ke-sufi-an tingkat tinggi. Salah satunya, muncul sosok Brandal LOKAJAYA  ada dalam sebuah batu akik berjenis badar besi (natural picture jasper chalsedony).

" Ini adalah ayat-ayat ayat ALLAH, yang dimunculkan dalam sebuah batu, bahwasanya sosok LOKAJAYA atau Sunan Kalijaga itu benar-benar ada", Kata Gus Wulyo, Spiritualis yang tinggal di sekitar petilasan LOKAJAYA. Menurutnya, sosok brandal LOKAJAYA adalah cerminan cikal bakal kepemimpinan yang sufi terhadap umat islam di tanah Jawa.

Sebagaimana menurut sejarah, brandal LOKAJAYA betapa baktinya pada sang guru (SUNAN BONANG) hingga menurut (tawadhu') untuk menjaga tongkat Sunan Bonang bertahun tahun di sebuah kali. Hingga pada akhirnya beliau mendapat gelar SUNAN KALIJAGA.



Jika kita teliti batu yang" mengkisahkan" tentang LOKAJAYA ini, sangatlah detail. Sosok LOKAJAYA dengan warna MERAH adalah sifat "keangkaramurkaan" sang Sunan Kalijaga sebelum beliau diangkat menjadi wali. Kemudian, di belakang gambar LOKAJAYA terlihat jelas bayangan sang guru (Sunan Bonang berwarna putih). Dan tak lupa ciri khas LOKAJAYA, selalu memakai ikat kepala khas jawa (udeng) dan dalam aksinya beliau selalu BERCADAR.

Nampak juga (dibatu itu), betapa agung ALLAH SWT "melukiskan" sosok LOKAJAYA meski telanjang dada...tertutupilah auratnya dengan aliran air yang tergambar di batu tersebut. Beliau mendekap tongkat ditangan kirinya, sementara disebelah kanan nampak jelas alat-alat tulis kuno seperti daun lontar dan bulu ayam untuk menulis ( belajar).

Dalam sejarah LOKAJAYA (Sunan Kalijaga) adalah satu dari sembilan wali yang paling disegani karena kecerdasan beliau dalam berdakwah melalui media WAYANG KULIT serta kidung sufi berbahasa JAWA.(lk)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar