Jumat, 29 Januari 2016

AKIK KERETA KENCANA






Kalau yang ini adalah AKIK KERETA KENCANA, didalamnya “mengisahkan” eksistensi kendaraan para raja-raja di pulau jawa, baik Yogyakarta maupun Surakarta.

Kereta "penghormatan" yang ditarik kuda  adalah kereta kencana. Di gunakan pada oleh raja-raja  di pulau Jawa.  Meski budaya kereta kencana bukan asli jawa (Eropa.red) para raja membelinya melalui Belanda. Kereta ini digunakan pada upacara-upacara kebesaran atau penobatan raja.

Kabarnya, kereta kencana adalah barang langka. Di Indonesia, kereta kencana tersimpan di museum kereta keraton Yogyakarta. Dan  kereta serupa kini disimpan di museum Portugis. Kendaraan raja ini, ditarik oleh delapan ekor kuda.

Versi cerita lain,  kereta kencana raja Yogyakarta  diperoleh dari Laut  Kidul oleh seorang abdi dalem keraton yang tengah memancing di Laut Selatan. Ketika kailnya menyangkut sesuatu, saat ditarik ternyata sebuah kereta kencana.

Konon , kereta kencana ini berasal dari salah satu kerajaan di India. Kereta milik raja ini sengaja dilarung di laut sabagai syarat untuk mengusir wabah kolera yang menyerang rakyatnya. Kereta yang dilarung itu akhirnya sampai di Laut Selatan. Dan ditemukan abdi dalem keraton Yogyakarta. (lk/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar