Kamis, 07 Januari 2016

Realita Orang Utan





Orang utan, bila menyebut satwa yang satu ini terbesit dalam benak kita sosok primata yang disebut-sebut ada kesamaan dengan manusia secara fisik. Ini bukan suatu kebetulan. Tuhan menciptakannya sebagai pembanding, antara manusia dan jenis hewan.

Seperti yang telah kita ketahui, orangutan Kalimantan adalah hewan asli yang berada di kawasan hutan primer yang lebat pulau Kalimantan.  Orang utan dapat ditemukan di ketinggian hingga 1.500 meter.

Orang utan cenderung memilih lereng rimbun karena terdapat makanan yang berlimpah. Keberadaan Orangutan Kalimantan pernah tersebar luas di seluruh Asia Tenggara, mereka saat ini terbatas pada dua pulau yaitu pulau Kalimantan dan Sumatera.

Namun keberadaan mereka makin langka , akibat masalah seperti penebangan pohon liar dan kebakaran.

Habitat asli Orangutan kian menyempit dan terpinggirkan. Faktanya,  Orangutan Kalimantan menghabiskan hampir seluruh hidup mereka tinggal di pohon yang tinggi. Mereka sangat bergantung pada hutan dan bertahan hidup karenanya. Hutan yang rusak akibat penembangan liar, kebakaran dan aktivitas manusia, dan pada akhirnya tak jarang mereka terusir dari habitat aslinya dan masuk keperkampungan warga.(lk)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar