Selasa, 05 Januari 2016

LEGENDA KENDEDES





Batu akik koleksi LOKAJAYA yang satu ini memang berbentuk “ tak lazim” namun pamor motifnya, menampakkan sosok KENDEDES simbol kecantikan dan keanggunan idola raja-raja jawa kala itu. Hal ini mengingatkan kita adanya pertikaian bertubi-tubi hanya memperebutkan sosok putri yang jelita ini. Kisah ini terjadi jauh sebelum munculnya kerajaan Majapahit.

Wanita mana yang tak ingin seperti Ken Dedes,  kecantikan sang permaisuri  yang memang luar biasa anggunnya baik kepribadian maupun aura wajahnya nan cantik mempesona. Tak heran membuat setiap laki-laki yang bertemu dengannya jatuh cinta meski dengan tatapan mata.  

Bahkan, akuwu tumapel Tunggul Ametung bersama pengawalnya Ken Arok juga merasakan  jatuh cinta pada Ken Dedes. Mereka saling berebut untuk mendapatkan pujaan hatinya Ken Dedes.  Berbagai cara yang mereka lakukan demi mendapat Ken Dedes,  mulai balas dendam  hingga pertikaian hingga berujung pembunuhan secara keji dengan menggunakan sebilah keris buatan empu Gandring.
Kecantikan Ken Dedes nan cantik jelita serta kerendahan hatinya apalagi brahma Lohgawe meramal Ken Dedes adalah seorang wanita utama dan kata Lohgawe jika seorang laki-laki menikahi wanita seperti ini dia akan menjadi maharaja.

Ramalan tentang Ken Dedes seperti itu membuat Ken Arok makin berambisi besar menjadi maharaja dengan memberontak ke Kertanegara agar dapat menaklukan kerajaan Kediri kemudian mendirikan kerajaan Tumapel yang terkenal dengan nama kerajaan Singasari.Ken Arok kian nekat menikahi Ken Dedes karena merasa dapat membahagiakan Ken Dedes dikemudian hari .

Waktu demi waktu, sejak Ken arok menikah dengan Ken Dedes dengan kerajaan singasarinya kesejahteraan rakyat Singasari pun makin makmur . Ken Dedes dalam mendidik putra-putrinya penuh kasih sayang,disiplin dan bijaksana sehingga tak heran putra-putrinya tumbuh menjadi pribadi berjiwa pemimpin. (lk/ berbagai sumber)

2 komentar: