Senin, 04 Januari 2016

AKIK ABU HURAIRAH





Penampakan gambar pada batu akik kali ini, memunculkan sosok seorang yang sedang duduk dan memangku anak kucing. Insya Allah inilah sosok, Abu Hurairah. Salah satu sahabat nabi, yang hebat dan penuh kasih sayang ini, terlebih terhadap anak kucing. Makanya disebut “ Bapaknya Kucing “ atau Abu Hurairah.

Abu Hurairah adalah seorang perawi hadis shahih.  Seorang catlover sejati. Menyayangi kucing persia, jenis ras dan lokal. Mempunyai bakat luar biasa dalam kemampuan dan kekuatan ingatan. Apa yang didengarkannya, ditampungnya lalu terpatri dalam ingatan walaupun usia bertambah dan masa pun telah berganti-ganti. 

Oleh karena itulah, ia telah mewakafkan hidupnya untuk lebih banyak mendampingi Rasulullah saw sehingga termasuk yang terbanyak menerima dan menghafal Hadits, serta meriwayatkannya. Beliau adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits dari Rasulullah saw, yaitu kurang lebih sebanyak 5.374 hadits. Diantara yang meriwayatkan hadist darinya adalah Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Anas bin Malik, Jabir bin Abdullah, dan lain-lain.

 Imam Bukhari pernah berkata: “Tercatat lebih dari 800 orang perawi hadits dari kalangan sahabat dan tabi’in yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah”.

Abu Hurairah bisa meriwayatkan banyak hadist dari Rasulullah saw disebabkan, pertama: karena ia meluangkan waktu untuk menyertai Nabi lebih banyak dari para shahabat lainnya. Kedua, karena ia memiliki daya ingatan yang kuat, (LK/ BBS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar