Satu lagi penampakan tokoh sufi yang
tergambar di batu akik koleksi laskar LOKAJAYA.
Dialah Imam Al gozali, nampak jelas
beliau berada di sebuah padang pasir dan disebelahnya ada oasis (sumber air).
Beliau menyendiri, beritikhaf memohon petunjuk pada ALLAH dengan menggali makna kitab Al Qur’an yang pada akhirnya
menulis kitab Ihya Ulumuddin yang hingga kini jadi acuan kaum Nahdliyin.
Imam Al Gozali terkenal dengan kejeniusannya , dia lebih mendalami sebagai
seorang sufi. Akan tetapi sangat sedikit pengetahuannya
tentang ilmu hadits dan sunah nabi
Muhammad SAW yang seharusnya menjadi
pengarah dan penentu kebenaran. Akibatnya beliau menyukai filsafat dan masuk ke
dalamnya dengan meneliti dan membedah karya-karya Ibnu Sina dan yang
sejenisnya, walaupun beliau memiliki bantahan terhadapnya. Oleh karena itu beliau dianggap sebagian umat
keluar jalur dari ajaran Islam yang hakiki.
Sebagai Imam Besar dari Baghdad ini tidak congkak dan cinta dunia. Bahkan dalam jiwanya berkecamuk
polemik (perang batin) yang membuatnya senang menekuni ilmu-ilmu kezuhudan.
Sehingga menolak jabatan tinggi dan kembali kepada ibadah, ikhlas dan perbaikan
jiwa.
Pada bulan Dzul Qai’dah tahun 488 H beliau berhaji dan mengangkat
saudaranya yang bernama Ahmad sebagai penggantinya. Pada tahun 489 H beliau masuk kota
Damaskus dan tinggal beberapa hari. Kemudian menziarahi Baitul Maqdis beberapa
lama, dan kembali ke Damaskus beri’tikaf di menara barat masjid Jami’ Damaskus.
Beliau banyak duduk di pojok tempat Syaikh Nashr bin Ibrahim Al Maqdisi di
masjid Jami’ Umawi (yang sekarang dinamai Al Ghazaliyah). Tinggal di sana dan
menulis kitab Ihya Ulumuddin, Al Arba’in, Al Qisthas dan kitab Mahakkun
Nadzar. Melatih jiwa dan mengenakan pakaian para ahli ibadah. Beliau
tinggal di Syam sekitar 10 tahun.
Akhir kehidupan beliau dihabiskan
dengan kembali mempelajari hadits dan berkumpul dengan ahlinya. Berkata Imam
Adz Dzahabi, “Pada akhir kehidupannya, beliau tekun menuntut ilmu hadits dan
berkumpul dengan ahlinya serta menelaah shahihain (Shahih Bukhari dan Muslim).
Seandainya beliau berumur panjang, niscaya dapat menguasai semuanya dalam waktu
singkat. Beliau belum sempat meriwayatkan hadits dan tidak memiliki keturunan
kecuali beberapa orang putri.”
Abul Faraj Ibnul Jauzi menyampaikan
kisah meninggalnya beliau dalam kitab Ats Tsabat Indal Mamat, menukil cerita
Ahmad (saudaranya); Pada subuh hari Senin, saudaraku Abu Hamid berwudhu dan
shalat, lalu berkata, “Bawa kemari kain kafan saya.” Lalu beliau
mengambil dan menciumnya serta meletakkannya di kedua matanya, dan berkata, “Saya
patuh dan taat untuk menemui Malaikat Maut.” Kemudian beliau meluruskan
kakinya dan menghadap kiblat. Beliau meninggal sebelum langit menguning
(menjelang pagi hari). Subhannallah…(lk/ berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar