Selasa, 01 Maret 2016

TENTANG AKIK BERKISAH


Demam batu akik telah berakhir?? bisa jadi ini berlaku bagi yang merasakan " sakit demam" tersebut. Akan tetapi , bukankah akik adalah warisan budaya bangsa , seperti halnya keris , batik , wayang dan karya seni kuno lainnya .

Dengan bermunculan beragam jenis  batu akik di bumi Indonesia, masyarakat yang "sembuh" dari demamnya akan kembali KAMBUH. Mencintai seni budaya bangsa adalah bagian dari cinta tanah air dan pada gilirannya dapat memajukan perekonomian rakyat Indonesia yang juga sedang " sakit ini".

Akan tetapi sangat disayangkan bila, AKIK NUSANTARA makin terpuruk akibat ulah MAFIA AKIK yang membentuk sebuah KRONI KAPITALISME. Dengan kata lain , misalnya : Si A menemukan gambar yang dianggap istimewa atau aneh pada  "secuil"  batu akiknya... karena hanya ingin terekspos media massa maka, sang MAFIA AKIK membandrol harga tak masuk akal ( milyaran rupiah). Dan ironisnya diikuti oleh orang awam yang pada akhirnya juga membandrol harga NGAWUR tersebut.

MUNCULNYA AKIK BERKISAH

Sebenarnya, LASKAR LOKAJAYA terbentuk atas keprihatinan kondisi perekonomian masyarakat sekitar terpuruk akibat terlanjur demam batu akik. Disekitar kami (daerah Girilaya , eks lokalisasi Dolly, Surabaya) telah mengkukuhkan sebagai SENTRA AKIK

Namun karena, terpengaruh nilai fantastis...bila batu akik tertentu harganya bisa MILIARAN, mereka sampai bangkrut karena telah terlanjur memborong bahan akik bermotif hingga luar daerah.

Impian mereka buyar, ketika tak satupun batu akiknya yang dibandrol harga mahal itu terjual. Ayo kawan... jangan lagi menebar "VIRUS MILIAR" cari cara lain agar warisan budaya bangsa ini (akik) bisa tetap lestari.

Seperti halnya Wayang Kulit yang telah disyiarkan oleh LOKAJAYA (Sunan Kaijaga) , sampai sekarang tetap eksis karena didalamnya menabur syiar Islam. Dan faktanya,  benar-benar ampuh mayoritas masyarakat Indonesia meluk islam dengan metode ini.

Mengikuti jejak LOKAJAYA, kami Laskar LOKAJAYA ... akan terus melakukan Syiar Via Batu Akik. Kalau ada pertanyaan apa bisa?.... jawabnya SANGAT BISA.  Sebab di alam semesta ini adalah " ayat-ayat Allah" yang tak tertulis bagi kaum yang berpikir. Seperti halnya firman Allah:

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” ( QS. fushilat 51)

Atas karunia Tuhan juga, kami memiliki banyak benda- benda (akik) yang didalamnya mengandung kisah tersembunyi. AKIK-AKIK BERKISAH (ada cerita pada gambar batu akik) yang ada pada kami.. sesungguhnya hanyalah amanah yang harus disampaikan pada umat. Dan ini adalah nyata ... WASALLAM (lk)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar