Senin, 29 Februari 2016

AKIK ALAM BARZAH 3






Penampakan gambar pada akik seri : Alam Barzah 3 , terlihat sosok atau bayangan seorang di tempat yang terang. Yang bisa diartikan, bahwasanya nikmat dialam barzah juga sangat nyata bagi yang telah menjalaninya. Dan kebalikannya, siksa kubur juga sangat pedih…

Kehidupan di alam barzah uga berlangsung suasana menyenangkan dan menentramkan jiwa yang disebut dengan nikmat kubur. Bagi para ahli kubur yang semasa hidupnya senantiasa menjalankan ketaatan kepada ALLAH SWT, maka mereka akan menjalani proses introgasi alam kubur dengan mudah dan  penuh ketenangan.

Bagi orang yang beriman dan beramal shalih, segala amal ibadahnya menjadi ‘sahabat’penghibur di alam kubur. Ibadah shalat,zakat,puasa, dan ibadah ibadah lainnya menjadi teman setia yang mendampingi dirinya di saat saat kritis menghadapi malaikat Munkar dan Nakir. Pada akhirnya, kedua malaikat tersebut bersikap lembut dan hormat kepadanya disebebabkan keimanan dan amal amal shalih yang pernah dilakukannya semasa hidup di dunia.


Sesungguhnya siksa dan nikmat kubur itu benar adanya. Orang orang yang beriman harus mempercayai hal hal yang gaib. Siksa dan nikmat kubur merupakan bagian dari kejadian di alam gaib yang wajib diyakini keberadaannya.

 Berkaitan dengan eksistensi nikmat kubur, ALLAH SWT menjelaskan dalam firmannya,

“Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh ketenteraman dan rejeki serta surga kenikmatan.”(Qs. Al waaqi’ah (56) :88-89)

Berkaitan dengan nikmat kubur ini telah dijelaskan dalam beberapa riwayat hadits pada pembahasan sebelumnya.berikut ini beberapa riwayat lainnya yang menggambarkan tentang nikmat kubur :

Diriwayatkan oleh Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “jika salah seorang di antara kalian mengurus mayat saudaranya, hendaklah dia memakaikan kafan yang baik, karena mereka akan saling mengadakan kunjungan di alam kubur mereka.”

(H.R At turmudzi,ibnu majah,Muhammad bin yahya al hadzali,dan ibnu abi ad-dunya)

 Gambaran tentang dinamika kehidupan kenikmatan alam kubur dengan berbagai macam fasilitas dan kenikmatannya ini, lebih jelas lagi tergambar dalam firmannya tentang prosesi kematian para syuhada. Allah azza wa jalla berfirman,

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang orang yang gugur dijalan Allah, (bahwa mereka itu) mati ; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya.” (Qs. al Baqarah (2) : 154)

Suasana alam barzah sungguh terasa nikmat dan indah bagi orang orang yang beriman dan beramal shalih. Mereka adalah orang orang yang bertakwa kepada rabbnya. Tidak ada kekhawatiran dan ketakutan dalam diri mereka. Justru sebaliknya, mereka terasa tenang, tenteram, dan damai di alam barzah (kubur). Mereka mendapatkan berbagai macam fasilitas yang menyenangkan jiwa. Mereka juga mendapatkan rezeki yang berlimpah. Sungguh beruntung bagi para ahli kubur yang mendapatkan kenikmatan dan keistimewaan di alam kuburnya. Semoga kita termasuk didalamnya. Amin (lk/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar