Kamis, 18 Februari 2016

MEMBONGKAR SEBUAH KEBOHONGAN PUBLIK





Ibarat kucing yang mengaku macan , ketika sang raja rimba itu belum muncul dari sarangnya. Pernyataan ini sangat relevan dengan gambaran sosok "loser" agar nampak hebat dimata masyarakat luas. Padahal apa yang ditampilkan itu hanya akal-akalan belaka. Ungkapan ini memang tertuju pada sebuah akik bergambar seorang penari berbaju merah (NYAI RONGGENG).  Namun oleh si pemilik akik tersebut, DILUKISLAH dikanvas yang hasilnya seakan-akan NYAI RORO KIDUL yang identik berbaju kebesaran warna HIJAU.

Dibawah ini adalah copi-paste dari BERITA NUSA.COM


05 Feb 2016

Diklaim Berharga Rp 5 M,

Tenyata Cuma Akik Nyai Ronggeng

Ditulis oleh BERITANUSA/TH




BERITANUSA - Di era boomingnya akik, banyak akik yang diklaim berharga ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Bahkan konon ada akik bergambar “Nyi Roro Kidul ” yang pernah dibandrol 5 miliar. Bahkan setahun yang lalu, banyak orang yang latah atau ikut-ikutan bila akiknya juga “berharga” miliaran. Pada kenyataannya, fenomena batu bergambar  aneh memang menjadi sorotan publik waktu itu.
Dari beberapa media massa cetak maupun elektronik, Daniel Krisna si empunya akik tersebut telah melukisnya di sebuah kanvas. Dan hasilnya lukisannya (bukan batu akiknya), memang mirip Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan. Jika melihat dari batu gambarnya, memang seperti sosok yang sedang menari dan berbaju merah.

“ Inilah kelemahanya,  seharusnya bukan sosok Nyi Roro Kidul, atau lebih mirip penari Ronggeng,” Ujar Gus Didik seniman dan spiritualis asal Dupak, Surabaya. Padahal berdasar legenda rakyat yang ada, Nyi Roro Kidul selalu berpakaian serba hijau. Bahkan sebagian masyarakat di pulau Jawa ada yang mengkhultuskannya sebagai sosok yang dihormati.

Sementara itu, kelompok pecinta seni beraliran sufistik “Laskar Lokajaya” menyoroti miring tentang keberadaan akik yang dianggap lebay tersebut. “ Saya sangat risih kalau ada orang menyebut batu akiknya berharga milyaran. Itu yang mirip Nyi Roro Kidul itu cuma lukisannya. Bukan pada batunya,” ujar Ghani salah seorang anggota Laskar Lokajaya.

Mungkin beralasan juga pendapat Ghani, pada kenyataanya kelompok ini boleh dibilang mempunyai banyak akik yang tergolong aneh dan unik. Bahkan yang namanya akik “ Ratu Kidul” milik mereka hampir mirip dengan sosok ratu laut selatan tersebut tanpa di sketsa atau dilukis dikanvas.

“ Kalau yang ini, Akik Ratu Kidul lengkap dengan pengawalnya. Dan tanpa disketsa, Mas,” tegas Fatur Rohman, ketua Laskar Lokajaya. Menurutnya, gambar di sebuah batu tak lain adalah” ayat-ayat Allah” yang harus disyiarkan pada umat. “Bukan maksud kami untuk mencemooh barang milik orang lain, akan tetapi alangkah baiknya jangan menciptakan virus milyar, misalnya”, ujar Fatur sambil berkelakar.

Menanggapi isu bahwa kelompoknya sedang berseteru dengan kolega Daniel via dunia maya, Fatur menegaskan bahwasanya dia dan kelompoknya hanya ingin meluruskan, bukan untuk memusuhi. “Kami cuma ingin meluruskan, bahwasanya akik yang disebut-sebut Nyi Roro Kidul Itu, lebih mirip Penari Ronggeng. Jadi lebih baik jujur saja. Dari pada membohongi jutaan rakyat Indonesia,” tegas Fatur.

Dalam pencitraan di berbagai media massa baik cetak, maupun online, tak segan-segan si empunya akik Yang katanya Nyi Roro kidul Ini, selalu bilang nilainya 5 Miliar rupiah, terus sudah ada yang menawar 3 miliar.... Banyak pihak yang menyatakan hal itu adalah merupakan suatu kebohongan besar dihadapan 300 juta jiwa rakyat Indonesia.

" Dan sekali lagi kalau mau jujur, bukankah itu semua karya GUSTI ALLAH. Kita gak ada hak menghargai berapapun, kecuali misalnya hasilnya dibagi-bagikan pada fakir miskin," ujar Gus DIDIK lagi.(BERITANUSA/TH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar