Selasa, 31 Mei 2016

Sang Kontroversi, Ahmad Dhani




Mungkin ada yang bertanya – Tanya , mengapa Lokajaya Sufi  boleh di bilang sering “ membahas” sosok jenius namun kontroversi, Ahmad Dhani. Inilah jawabnya…secara jujur, Lokajaya Sufi adalah kelompok seni berpaham sufistik. Seperti halnya, musisi asal kota Surabaya ini begitu piawainya merangkai seni musik dalam bingkai sastra yang mungkin bisa dipahami oleh orang-orang “cerdas” saja.

Bahkan, kami seakan-akan tergiring dalam “alam bawah sadar” yang tiba-tiba juga telah muncul Akik Ahmad Dhani (95% mirip) dan ini adalah miracle. Terlepas dari itu semua, sesungguhnya pria pengagum Presiden RI ke – empat (Gusdur ) ini mencoba mengajak berpikir cerdas dalam menanggapi suatu masalah.
Kecintaan dhani kepada para mistikus Islam demikian kental. Dari semua lagu-lagu bertema Tuhan, lagu Satu sangat merujuk pada nilai makrifat. Ini adalah syairnya :
Aku ini adalah diri Mu

Cinta ini adalah cinta Mu
Jiwa ini adalah jiwa Mu

Sepotong bait ini diambil dari sebuah hadist qudsi. Lazimnya, bait itulah yang mudah dikaitkan dengan ajaran manunggal kawula gusti. Sebuah ajaran yang lazim diajarkan pada ilmu tareqat.
Ajaran ini memang kontroversi. Membacanya pun sulit, apalagi mencoba menterjemahkan sendiri tanpa bimbingan dan olah jiwa yang istiqomah. Dan inilah 7 tokoh yang menjadi inspirasi Ahmad dhani dalam mewujudkan nilai-nilai makrifat yang digandrunginya. 

1. Rabiah al adawiyyah
2. Husain manshur al hallaj
3. Abu hamid al ghazali
4. Abdul qadir al jinali
5. Ibn arabi
6. Jalaludin rumi
7. Siti jenar

Ahmad dhani juga mengidolakan Abdurahman Wahid (Gusdur) sebagai tokoh panutannya di Indonesia.  Menurutnya, dua aspek yang ia teladani dari seorang bapak bangsa ini (Gusdur) yakni sebagai orang Islam dan beliau bersikap adil terhadap semua kalangan meski terkadang dianggap kontroversi. (lk/bbs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar