Rabu, 24 Agustus 2016

AKIK IQRO




Ini bukan sekedar  akik bergambar, ada penampakan sosok guru  dan muridnya. Atau dengan kata lain keduanya sedang  melakukan kegiatan yang disebut MENGAJI atau membaca AL Qur’an. Ada makna tersembunyi dibalik AKIK IQRO ini.
Iqro, biasa diterjemahkan dengan “bacalah”, merupakan kata pertama dari wahyu yang disampaikan Allah kepada Nabi Muhammad saw adalah surat Al Alaq. Surat yang memerintahkan kepada nabi untuk IQRO atau membaca. Padahal kita ketahui bahwa saat itu Muhammad adalah seorang buta huruf, Ia tidak dapat membaca dan menulis sehingga disebut “umi”. Kala itu Muhammad sendiri bingung berapa kali Ia menyebutkan pada malaikat Jibril bahwa dirinya tidak dapat membaca. Tetapi malaikat Jibril meyakinkan Muhammad untuk terus membaca ( Iqro ).
 Melalui bimbingan malaikat Jibril nabi Muhammad akhirnya menerima wahyu Allah. Kata “IQRO” mengajarkan Nabi Muhammad untuk tidak sekedar membaca dan menyampaikan wahyu Allah melalui ayat Alqur’an tetapi membaca disini memiliki arti bahwa yang dibaca bukan hanya apa yang tertulis tetapi yang lebih utama adalah membaca apa yang terkandung di balik tulisan tersebut. keadaan lingkungannya, kaumnya dan apa yang terjadi disekitarnya. Nabi Muhammad selalu mencari solusi yang bijak untuk setiap permasalahan yang terjadi. Sehingga kita mengetahui dari sejarah bagaimana contoh keteladanan nabi Muhammad sepanjang hidupnya.
Namun saat ini, kita seringkali lupa, kebanyakan kita hanya bisa membaca apa yang tertulis tapi kurang bisa membaca apa yang tersirat dibalik tulisan tersebut. Kepekaan hati kita kadang kurang terasah sehingga kita mengabaikan ayat-ayat Allah yang ada di sekitar kita. Membaca tulisan melalui buku atau media cetak memang penting sebagai pegangan ilmu. Karena praktek tanpa ilmu tidak akan jadi amalan. Akan lebih baik bila kita pun mulai mengasah diri untuk lebih peka terhadap segala sesuatu di balik apa yang tertulis. Berlatih dengan melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang tersebar di muka bumi, dialam ini … termasuk “ ayat Allah” yang terkandung didalam batu akik misalnya. (lk/bbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar