Minggu, 16 April 2017

SANG LOKAJAYA



Masih seputar LOKAJAYA, atau masyarakat jaman Majapahit menyebutnya "BRANDAL LOKAJAYA" yang tak lain adalah Raden Said putra Bupati Tuban Wilatikta. Sosok yang dianggap " mbalelo" atau dianggap bersimpangan dengan kehendak sang ayah sebagai penguasa didaerah pesisir Tuban kala itu. Kisah Brandal LOKAJAYA begitu melegenda, dia satu sisi dianggap perampok bagi penguasa namun dia juga adalah Pahlawan bagi WONG CILIK. Karena...barang-barang hasil rampokan dibagi-bagikan pada rakyat yang membutuhkan.

Sepenggal kisah Brandal LOKAJAYA diatas , adalah cerminan " pemberontakan" seorang berhati penuh kasih sayang (welas asih) terhadap penderitaan rakyat kecil. Namun, dengan keterbatasan ekonomi (keuangan) secara diam-diam Raden Said  rela merampok PENGUASA.  Masyarakat Tuban dan sekitarnya, kala itu sedang mengalami paceklik karena kemarau panjang. Bila ada yang berpendapat, bahwa perbuatan SANG LOKAJAYA adalah salah...tentu secara hukum tetap SALAH sebab bersedekah itu harus dari sumber yang baik pula.



Hal ini bertolak belakang dengan kondisi kekinian, banyak mereka berbuat lebih nista dari LOKAJAYA. Tak tanggung-tanggung justru uang yang seharusnya untuk kesejahtraan rakyat justru di rampok oleh segelintir oknum-oknum birokrat yang duduk menjabat sebagai anggota DPR atau wakil rakyat yang lainnya. Tak tanggung - tanggung mereka korupsi berjama'ah yang angkanya mencapai Trilyunan Rupiah. Contohnya :  proyek e KTP yang seharusnya sebagai akses masyarakat untuk mendapatkan sejumlah pelayanan ...E malah duitnya dibuat " banca'an" para bajingan yang mengaku sebagai wakil rakyat terebut.

Dari uraian diatas, kita tarik kesimpulan : bahwasannya niatan baik seseorang akan membawanya dalam kebaikan. Walaupun awalnya berjalan dalam koridor yang belum lurus. Insya Allah, ada Hidayah Tuhan bagi orang-orang yang dalam hatinya ada niatan menuju kebaikan.Sepertihalnya, Raden Said yang telah melalui fase dari seorang BRANDAL LOKAJAYA menjadi seorang Wali ALLAH setelah berguru pada SUNAN BONANG dengan gelar SUNAN KALIJAGA.   (LK)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar